SD Negeri Singosaren Banguntapan Bantul

Bertakwa, Cerdas, Terampil, Jaya.

SD Negeri Singosaren Banguntapan Bantul

Bertakwa, Cerdas, Terampil, Jaya.

SD Negeri Singosaren Banguntapan Bantul

Bertakwa, Cerdas, Terampil, Jaya.

SD Negeri Singosaren Banguntapan Bantul

Bertakwa, Cerdas, Terampil, Jaya.

SD Negeri Singosaren Banguntapan Bantul

Bertakwa, Cerdas, Terampil, Jaya.

Minggu, 04 Juni 2023

SOAL KELAS 4 IPAS KURIKULULUM MERDEKA SUMATIF AKHIR SEMESTER

Ayo, memilih salah satu jawaban yang tepat dengan memberi tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d

1. Perhatikan benda-benda di bawah ini!
  1. laptop
  2. air minum
  3. sepatu
  4. topi
  5. buku tulis
  6. kamera
Benda-benda yang menjadi kebutuhan primer seorang siswa ditunjukkan oleh nomor...
a. 2, 3, dan 5
b. 1, 4, dan 5
c. 2, 4, dan 5
d. 1, 3, dan 5
 
2. Membelanjakan uang harus sesuai dengan...
a. ketersediaan
b. kekayaan
c. keinginan
d. kebutuhan
 
3. Perhatikan pernyataan di bawah ini!
  1. ada kesepakatan
  2. ada penolakan
  3. ada tawar-menawar
  4. ada alat tukar
  5. ada barang kebutuhan
Syarat-syarat terjadinya pertukaran barang kebutuhan ditunjukkan nomor...
a. 1, 3, dan 4
b. 2, 4, dan 5
c. 1, 4, dan 5
d. 2, 3, dan 5

4. Sebuah benda atau barang dapat digolongkan keinginan bila...
a. tidak bisa ditunda lagi untuk dipenuhi
b. bersifat penting dan mendesak
c. kurang penting dan tidak mendesak dimiliki
d. penting tapi bisa ditunda terlebih dahulu

5. Contoh dari kegiatan produksi, yaitu...
a. penjual mainan berjualan dengan berkeliling
b. perajin tempe sedang merebus dan meniriskan kedelainya
c. pengojek daring sedang mengantar penumpangnya
d. Ayah menyantap masakan ibu di meja makan

6. Perhatikan pernyataan berikut!
  1. hanya diterima orang-orang tertentu
  2. nilainya tidak banyak berubah
  3. merepotkan untuk dibawa-bawa
  4. tahan lama
  5. jumlahnya terbatas
  6. hanya ada pecahan besar
Syarat-syarat uang agar berlaku di masyarakat ditunjukkan pada nomor...
a. 1, 3, dan 6
b. 2, 4, dan 5
c. 1, 4, dan 5
d. 2, 5, dan 6 
 
Perhatikan gambar berikut untuk mengerjakan soal nomor 7 dan 8!
7. Nadine akan membeli akuarium beserta ikan hiasnya. Nadine berencana memelihara ikan hias di kamarnya. Jadi, hal yang akan dibeli Nadine termasuk...
a. kewajiban
b. kebutuhan
c. keinginan
d. keharusan
 
8. Pada toko tersebut, tertempel nominal harga ikan hias yang akan dijual mulai Rp5.000,00. Hal ini membuat Nadine dapat membeli ikan hias sesuai dengan harga yang ditentukan. Jadi, fungsi pemanfaatan uang yang sesuai dengan kejadian tersebut adalah...
a. sebagai alat tukar resmi
b. sebagai ciri atau identitas negara
c. sebagai alat menyimpan
d. sebagai penunjuk harga
 
Perhatikan kutipan teks berikut untuk mengerjakan soal nomor 9 dan 10!
        Ayah memberikan uang saku kepada Wina dan Kak Rafi.  Ayah berpesan agar uang tersebut digunakan dengan baik. Ayah menyuruh mereka supaya jajan makanan yang bersih dan sehat. Wina dan Kak Rafi senang diberikan uang jajan. Mereka dapat membeli makanan saat istirahat. Mereka juga menyisakan uang jajannya untuk ditabung di celengan.
 
9. Pesan ayah kepada Wina dan kakaknya adalah...
a. supaya jajan makanan yang bersih dan sehat
b. supaya menabung di celengan
c. supaya membawa bekal makanan
d. supaya membeli makanan yang murah
 
10. Menyisakan uang jajan merupakan contoh pemanfaatan fungsi uang sebagai...
a. alat menabung
b. ciri atau identitas negara
c. alat pembayaran yang sah
d. alat penentu harga

 

SOAL KELAS 4 SENI RUPA KURIKULUM MERDEKA SUMATIF AKHIR SEMESTER

Berilah tanda silang pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang benar
 
1. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Memberikan kesan cahaya dengan menampakkan gelap terang pada.
     gambar
2) Mengisi bidang yang kosong. 
3) Menampilkan karakter pada obyek gambar.
4) Memberikan kesan karakter ke dalam gambar.
5 )Sebagai finishing touch atau sentuhan akhir pada gambar. 
Pernyataan tersebut menunjukkan fungsi dari teknik..
a. arsir
b. gosok
c. basah
d. kering

2. Sketsa komik yang telah dibuat nantinya diberi aksen garis atau warna yang sesuai dengan media kering yang digunakan merupakan pemerapan teknik...
a. basah
b. dussel
c. arsir
d. kering

3. Berikut yang tidak termasuj teknik arsir yaitu...
a. pointilisme
b. stippling
c. rounding
d. circusilm

4. Berikut alat yang tepat untuk mewarnai layangan adalah...
a. gunting
b. krayon
c. kapur
d. penggaris

5. Karya seni kriya memperhatikan aspek...
a. operasional dan fungsional
b. keindahan dan finansial
c. finansial dan fungsional
d. keindahan dan fungsional

6. Seni kriya dibuat dengan keterampilan khusus menggunakan...
a. tangan manusia
b. mesin
c. alat modern
d. alat sederhana

7. Karya seni kriya pada congklak berfungsi sebagai...
a. pajangan
b. dekorasi ruangan
c. benda terapan
d. alat permainan

8. Desain dalam merancang produk dilakukan secara detail atau rinci hingga bagian-bagian terkecil. Pernyataan tersebut menunjukkan prinsip...
a. bermanfaat
b. jujur
c. awet
d. detail

9. Langkah pertama membuat layangan adalah...
a. mengangin-anginkan
b. menjemur
c. mewarnai
d. membuat pola gambar

10. Setelah diwarnai dengan cat air, sebaiknya layang-layang...
a. dicuci
b. dibersihkan
c. dimainkan
d. dikeringkan

11. Berikut yang tidak termasuk macam wangan adalah...
a. wayang limbukan
b. wayang orang
c. wayang madya
d. wayang golek

12. Fungsi wayang yaitu sebagai..
a. sarana transportasi
b. sarana ekonomi
c. sarana hiburan
d. sarana hukum

13. Membuat shadow puppet dapat melatih..
a. kejujuran
b. kemandirian
c. kreativitas
d. kesabaran

14. Bentuk zig-zag termasuk pola ragam hias...
a. tradisional
b. geometris
c. modern
d. sederhana

15. Wayang dapat berperan sebagai pusat perhatian atau fokus yang diperoleh melalui kontras atau variasi warna dan bentuk. Kenyataan tersebut menunjukkan unsur...
a. garis
b. keseimbangan
c. ruas
d. klimaks

16. Pertunjukan wayang bersifat tiga dimensi yang menunjukkan bahwa...
a. wayang memiliki unsur ruang
b. pertunjukkan wayang berupa gerakan tubuh yang dimainkan dalang
c. unsur wanda terdapat pada wayang
d. tinta dalam wayang dapat berubah

17. Wayang dimainkan oleh...
a. penyanyi
b. penari
c. sutradara
d. dalang

18. Berikut yang termasuk pola ragam hias adalah pola...
a. medatar
b. tegak
c. melingkar
d. menyudut
 
19. Fungsi jadwal pelajaran pada seorang siswa adalah sebagai...
a. pencipta keindahan
b. evaluasi pelajaran
c. pajangan
d. pengingat pelajaran yang diikuti
 
20. Pengamatan suatu karya seni secara mendalam dilakukan pada jenis aktivitas...
a. penghargaan
b. fisiologis
c. penghayatan
d. psikologis