SD Negeri Singosaren Banguntapan Bantul

Bertakwa, Cerdas, Terampil, Jaya.

SD Negeri Singosaren Banguntapan Bantul

Bertakwa, Cerdas, Terampil, Jaya.

SD Negeri Singosaren Banguntapan Bantul

Bertakwa, Cerdas, Terampil, Jaya.

SD Negeri Singosaren Banguntapan Bantul

Bertakwa, Cerdas, Terampil, Jaya.

SD Negeri Singosaren Banguntapan Bantul

Bertakwa, Cerdas, Terampil, Jaya.

Minggu, 04 Juni 2023

SOAL KELAS 4 BAHASA INDONESIA KURIKULUM MERDEKA SUMATIF AKHIR SEMESTER

Ayo, pilih salah satu jawaban yang tepat!
 
Perhatikan penggalan syair lagu berikut untuk mengerjakan soal nomer 1-3 
 
Pending di khatulistiwa
Tanahku Indonesia
Beribu pulaunya
Beragam sukunya
Satu jiwa raganya
 
1. Bait syair lagu di atas memiliki irama..
a. A-B-A-B
b. A-A-A-A
c. A-A-B-B
d. B-B-B-B 
 
2. Syair lagu di atas menggambarkan...
a. penduduk Indonesia yang banyak
b. pendorong persatuan di Indonesia
c. kebanggaan tinggal di Indonesia
d. kekayaan Indonesia
 
3. Indonesia memiliki suku yang...
a. beragam
b. seragam
c. sama
d. satu

4. Berikut ini kalimat yang tidak memiliki kongjungsi adalah...
a. Daerah asal Wina adalah Aceh. Walaupun begitu, ia lahir di Riau.
b. Yuda berasal dari Papua. Oleh karena itu, ia tidak biasa makan nasi. 
c. Mira bisa menarikan beberapa tarian daerah. Selain itu, ia juga dapat 
     memainkan alat musik daerah.
d. Bela suka makan pempek Palembang. Berbeda dengan adiknya, Toni suka 
     makan siomay Bandung.
 
Bacalah teks berikut ini untuk mengerjakan soal nomor 5!
Kegiatan merantau sudah dilakukan sejak dahulu. Umumnya, orang-orang merantau karena ingin mendapat penghidupan yang lebih baik. Di tempat baru, mereka menetap dan berkeluarga. Pernikahan bisa dengan warga lokal atau pendatang. Pernikahan seperti ini melahirkan anak-anak bersuku campuran. 
5. Orang yang pindah ke suatu daerah dari daerah lain disebut...
a. warga lokal
b. warga pendatang
c. orang campuran
d. perantauan 
 
Bacalah teks berikut untuk mengerjakan soal nomor 6-9!
       Sakit perut tidak hanya disebabkan oleh makanan. Selain mengonsumsi makanan, kita juga mengonsumsi minuman. Nah, kuman penyebab sakit perut pun bisa berasal dari minuman. Air mentah banyak mengandung kuman menurut hasil penelitian. Memasak air dapat mematikan kuman. Maka dari itu, memasak air sebelum diminum sangat penting.
 
6. Meminum air tanpa dimasak dahulu dapat mengakibatkan...
a. sakit perut
b. batuk
c. kram perut
d. demam
 
7. Kalimat utama paragraf di atas terletak pada...paragraf
a. awal
b. akhir
c. tengah
d. awal dan akhir
 
8. Menurut letak kalimatnya, paragraf di atas merupakan paragraf...
a. deduktif
b. induktif
c. induksi
d. campuran
 
9. Paragraf tersebut merupakan pernyataan berupa...
a. opini
b. pendapat pribadi
c. fakta
d. simpulan 
 
10. Perhatikan gambar berikut ini!
Deskripsi yang sesuai untuk gambar di samping adalah...
a. Angga sakit perut.
b. Angga sakit gigi.
c. Angga menggosok gigik.
d. Angga menepuk-nepik pipinya.




Senin, 15 Mei 2023

MODUL AJAR KELAS 4 P5 FASE B GAYA HIDUP BERKELANJUTAN


Modul P5

Salah satu cara untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila adalah melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). P5 melibatkan pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk memperhatikan dan menemukan solusi atas masalah-masalah di sekitar lingkungan. Hal ini akan membantu meningkatkan berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar Pancasila. 

 

 

Profil Pelajar Pancasila mencakup enam dimensi utama, yaitu :

  1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia.
  2.  Berkebinekaan global.
  3.  Bergotong-royong.
  4.  Mandiri.
  5.  Bernalar kritis.
  6.  Kreatif. 
Tema utama P5 Kurikulum Merdeka SD adalah :
Gaya hidup berkelanjutan
Peserta didik memahami dampak aktivitas manusia terhadap kelangsungan kehidupan di dunia dan lingkungan sekitarnya, serta membangun kesadaran untuk bersikap ramah lingkungan. Mereka juga mempelajari potensi krisis keberlanjutan dan mengembangkan kesiapan untuk menghadapi dan memitigasinya.
 
Kearifan lokal
Peserta didik membangun rasa ingin tahu dan kemampuan inkuiri melalui eksplorasi budaya dan kearifan lokal masyarakat sekitar atau daerah tersebut, serta perkembangannya.
 
Bhinneka Tunggal Ika
Peserta didik mengenal dan mempromosikan budaya perdamaian dan anti kekerasan, belajar membangun dialog penuh hormat tentang keberagaman serta nilai-nilai ajaran yang dianutnya. Mereka juga mempelajari perspektif berbagai agama dan kepercayaan, serta menelaah stereotip negatif dan dampaknya terhadap terjadinya konflik dan kekerasan.
 
Bangunlah jiwa dan raganya
Peserta didik membangun kesadaran dan keterampilan memelihara kesehatan fisik dan mental, serta menelaah masalah-masalah terkait kesejahteraan diri. Mereka juga menelaah masalah-masalah yang berkaitan dengan kesehatan dan kesejahteraan fisik dan mental, termasuk isu narkoba, pornografi, dan kesehatan reproduksi.
 
Rekayasa dan teknologi
Peserta didik melatih daya pikir kritis, kreatif, inovatif, sekaligus kemampuan berempati untuk berekayasa membangun produk berteknologi. Mereka dapat membangun budaya smart society dengan menyelesaikan persoalan-persoalan di masyarakat sekitarnya melalui inovasi dan penerapan teknologi, mensinergikan aspek sosial dan aspek teknologi.
 
Kewirausahaan
Dalam projek ini, peserta didik akan belajar untuk mengidentifikasi potensi ekonomi di tingkat lokal dan memperhatikan masalah-masalah yang terkait dengan pengembangan potensi tersebut, serta dampaknya terhadap aspek lingkungan, sosial, dan kesejahteraan masyarakat. Melalui kegiatan ini, kreativitas dan semangat kewirausahaan akan ditingkatkan. Peserta didik juga akan mengembangkan wawasan tentang peluang masa depan, memperhatikan kebutuhan masyarakat, belajar untuk menjadi problem solver yang terampil, dan mempersiapkan diri untuk menjadi tenaga kerja profesional yang berintegritas.
 
Berikut ini adalah Modul P5 Fase B ( kelas 4 )