Salah satu cara untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila adalah melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). P5 melibatkan pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk memperhatikan dan menemukan solusi atas masalah-masalah di sekitar lingkungan. Hal ini akan membantu meningkatkan berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar Pancasila.
Profil Pelajar Pancasila mencakup enam dimensi utama, yaitu :
- Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia.
- Berkebinekaan global.
- Bergotong-royong.
- Mandiri.
- Bernalar kritis.
- Kreatif.
Gaya hidup berkelanjutan
Peserta didik memahami dampak aktivitas manusia terhadap kelangsungan
kehidupan di dunia dan lingkungan sekitarnya, serta membangun kesadaran
untuk bersikap ramah lingkungan. Mereka juga mempelajari potensi krisis
keberlanjutan dan mengembangkan kesiapan untuk menghadapi dan
memitigasinya.
Kearifan lokal
Peserta didik membangun rasa ingin tahu dan kemampuan inkuiri melalui
eksplorasi budaya dan kearifan lokal masyarakat sekitar atau daerah
tersebut, serta perkembangannya.
Bhinneka Tunggal Ika
Peserta didik mengenal dan mempromosikan budaya perdamaian dan anti
kekerasan, belajar membangun dialog penuh hormat tentang keberagaman
serta nilai-nilai ajaran yang dianutnya. Mereka juga mempelajari
perspektif berbagai agama dan kepercayaan, serta menelaah stereotip
negatif dan dampaknya terhadap terjadinya konflik dan kekerasan.
Bangunlah jiwa dan raganya
Peserta didik membangun kesadaran dan keterampilan memelihara kesehatan
fisik dan mental, serta menelaah masalah-masalah terkait kesejahteraan
diri. Mereka juga menelaah masalah-masalah yang berkaitan dengan
kesehatan dan kesejahteraan fisik dan mental, termasuk isu narkoba,
pornografi, dan kesehatan reproduksi.
Rekayasa dan teknologi
Peserta didik melatih daya pikir kritis, kreatif, inovatif, sekaligus
kemampuan berempati untuk berekayasa membangun produk berteknologi.
Mereka dapat membangun budaya smart society dengan menyelesaikan
persoalan-persoalan di masyarakat sekitarnya melalui inovasi dan
penerapan teknologi, mensinergikan aspek sosial dan aspek teknologi.
Kewirausahaan
Dalam projek ini, peserta didik akan belajar untuk mengidentifikasi
potensi ekonomi di tingkat lokal dan memperhatikan masalah-masalah yang
terkait dengan pengembangan potensi tersebut, serta dampaknya terhadap
aspek lingkungan, sosial, dan kesejahteraan masyarakat. Melalui kegiatan
ini, kreativitas dan semangat kewirausahaan akan ditingkatkan. Peserta
didik juga akan mengembangkan wawasan tentang peluang masa depan,
memperhatikan kebutuhan masyarakat, belajar untuk menjadi problem solver
yang terampil, dan mempersiapkan diri untuk menjadi tenaga kerja
profesional yang berintegritas.
Berikut ini adalah Modul P5 Fase B ( kelas 4 )
0 Comments:
Posting Komentar