Data tentang pasar sasaran, potensi bahan baku, dan teknik sudah diketahui, beberapa kebutuhan dari pasar sasaran sudah diamati dan didiskusikan. Hal-hal tersebut akan menjadi dasar bagi langkah selanjutnya, yaitu perancangan produk kerajinan untuk pasar lokal.
Proses perancangan produk :
- pencarian ide
- pembuatan gambar atau sketsa ide. Ide terbaik kemudian dikembangkan menjadi model dari kerajinan yang akan dibuat
- persiapan produksi. Produksi adalah membuat produk dalam jumlah tertentu sehingga siap menjadi komoditi yang akan dijual
Proses perancangan produk kerajinan :
- Mencari ide produk ( brainstroming )
- Rasionalisasi; adalah proses mengevaluasi ide-ide yang muncul dengan beberapa pertimbangan teknis
- Prototyping
- Penentuan desain akhir
Produksi Kerajinan untuk Pasar Lokal
Tahapan produksi secara umum terbagi atas :- Pembahanan; adalah mempersiapkan bahan baku agar siap diproduksi
- Pembentukan; membentuk produk sesuai dengan prototype
- Perakitan; dilakukan bila produk terdiri dari beberapa bagian
- Finishing; penyelesaian akhir
Metode Produksi dan Keselamatan Kerja
Produksi dapat dilakukan dengan :
1. Metode tradisional
- Satu orang melakukan setiap tahapan produksi
- Kurang tepat digunakan untuk produksi dalam jumlah banyak karena produk yang dihasilkan sulit mencapai standar bentuk yang sama
- Satu orang hanya melakukan satu tahap produksi
- Lebih efisien dalam penggunaan waktu sehingga sesuai untuk produksi dalam jumlah banyak
Kelancaran produksi juga ditentukan oleh cara kerja yang memperhatikan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja)
Kemasan sebagai Bagian Penting Kerajinan untuk Pasar Lokal
Kemasan terdiri dari :- kemasan primer adalah kemasan yang melekat pada produk
- kemasan sekunder ; kemasan berisi beberapa kemasan primer yang berisi produk
- kemasan tersier ; kemasan untuk distribusi
- melindungi produk dari benturan, debu, kotoran dan cuaca
- memberikan kemudahan membawa
- menambah daya tarik
- sebagai identitas atau brand dari suatu produk
0 Comments:
Posting Komentar