Berdasarkan luasannya, pasar dapat dibedakan menjadi :
- pasar lokal; Pasar yang terbatas di lingkungan atau daerah yang sama dengan tempat produksi
- pasar nasional
- pasar global/ pasar internasional
Segmentasi pasar sasaran dapat dibedakan secara :
- geografis atau tempat
- demografis meliputi usia, gender, bangsa, etnis, pekerjaan, dan tingkat ekonomi
- psikografis meliputi karakter kelas sosial, gaya hidup dan kepribadian
Potensi Pasar
Pada prinsipnya, pasar terjadi karena adanya permintaan (dari pembeli) dan penawaran (dari penjual).Potensi pasar dapat diketahui melalui dua pendekatan, yaitu :
- pendekatan permintaan adalah pendekatan permintaan adalah pendekatan dengan mencari tahu kebutuhan dari pasar sasaran
- pendekatan penawaran adalah pendekatan penawaran adalah pendekatan yang mengandalkan pada kemampuan wirausaha untuk membuat produk inovatif
Sumber Daya Material, Teknik, dan Ide Produk Kerajinan
Sumber daya usaha yang dibutuhkan untuk wirausaha kerajinan adalah bahan baku atau material, teknik dan alat, serta keterampilan. Wirausaha kerajinan untuk pasar lokal dapat dimulai dengan melihat potensi bahan baku, potensi teknik, dan keterampilan yang ada di daerah tersebut. Bahan baku atau material yang akan dimanfaatkan untuk memproduksi produk kerajinan harus memiliki jumlah yang cukup agar produk yang dihasilkan memiliki standar bentuk dan kualitas yang sama.
Teknik pembuatan produk tergantung dari materialnya. Perancangan produk didasari beberapa faktor pertimbangan, yaitu :
1. fungsi produk
2. pengguna produk
3. material atau bahan
4. teknik pembuatan
5. nilai estetis
6. harga jual
3 Comments:
Bermanfaat buu
bisa tolong dijelaskan tidak masing masing dari faktor pertimbangannya
Tolong di jelaskan
Posting Komentar