Minggu, 02 Juli 2017

WIRAUSAHA PRODUK KERAJINAN UNTUK PASAR LOKAL


Hukum ekonomi dasar

Hukum ekonomi dasar merupakan hubungan antara ketersediaan barang dipasar (supply) dan permintaan pembeli (demand)

Penetapan harga jual produk

Penetapan harga jual produk adalah titik temu antara permintaan dan pengadaan produk Ketersediaan produk yang melebihi permintaan pembeli akan menurunkan harga produk, sedangkan ketersediaan produk yang lebih rendah daripada permintaan pembeli, dapat menyebabkan harga produk menjadi lebih tinggi   

Indutri Kerajinan dan Industri Manufakture

  1. Industri kerajinan adalah industri yang hanya dapat menghasilkan jumlah barang yang terbatas dalam rentang waktu tertentu
  2. Industri manufaktur adalah industri yang mampu menghasilkan produk dalam jumlah besar dan dalam waktu yang singkat
Hal tersebut memberikan peluang produk kerajinan dengan keunikannya untuk memasuki pasar sebagai produk dengan jumlah terbatas atau limited edition/limited product. Limited product merupakan produk yang unik dengan jumlah terbatas yang dapat memiliki harga jual yang tinggi. Peluang kerajinan untuk menjadi produk dengan harga yang tinggi, harus dipastikan dengan melakukan riset pasar terhadap minat dan selera pembeli. Hasil riset pasar akan mendasari proses perancangan produk kerajinan yang inovatif.

Sumber daya wirausaha

Perancangan produk terwujud melalui kegiatan wirausaha dengan didukung oleh ketersediaan sumber daya usaha ( 6M ) yang terdiri dari :
  1. Man atau Man Power atau Mind Power adalah personel atau orang-orang yang terlibat dalam wirausaha tersebut ( Sumber Daya Manusia )
  2. Money dapat dipahami sebagai dana yang menjadi modal usaha atau perputaran uang melalui pengeluaran dan pemasukan yang terjadi dalam usaha tersebut
  3. Material, merupakan segala macam bahan yang digunakan dalam proses produksi barang
  4. Machine, dapat diartikan sebagai peralatan yang digunakan dan mendukung dalam setiap proses produksi barang
  5. Methode, merupakan cara kerja yang digunakan dan dipilih dalam proses produksi suatu barang
  6. Market adalah pasar sasaran dari produk yang dihasilkan oleh suatu usaha
Pengetahuan tentang pasar sasaran menjadi salah satu kunci penting untuk keberhasilkan suatu usaha. Wirausaha dikembangkan berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar,sehingga peluang produk diserap pasar akan lebih besar. Riset tentang pasar bertujuan pula untuk mengenali pesaing yang ada di pasar tersebut. Pada pelaksanaan wirausaha, diawali dengan penataan sumber daya manusia yang akan menjadi penggerak kegiatan wirausaha.

Dunia telah melewati empat gelombang peradaban ekonomi, yaitu :

  1. Gelombang Ekonomi Pertanian, merupakan gelombang ekonomi yang pertama dimana pertanian menjadi penggerak ekonomi yang utama
  2. Gelombang Ekonomi Industri, industri manufaktur bermunculan dan menghasilkan produk secara massal. Produk dari industri massal menjadi motor penggerak utama ekonomi
  3. Gelombang Ekonomi Informasi, muncul sebagai akibat dari inovasi di bidang teknologi informasi
  4. Gelombang Ekonomi Kreatif, muncul karena keterbatasan sarana dan sumber daya fisik sehingga ide dan gagasan kreatif dapat memberikan solusi untuk keterbatasan fisik yang ada. Pada gelombng ekonomi kreatif, Industri kreatif menjadi penggerak ekonomi utama. Industri-industri yang termasuk ke dalam industri kreatif dikelompokkan ke dalam 14 subsektor
Kegiatan wirausaha dapat dibagi menjadi tiga tahapan :
  1. Tahap pertama, tahapan pertama adalah persiapan organisasi dan perencanaan produksi
  2. Tahap kedua, tahap kedua adalah produksi hingga penjualan
  3. Tahap ketiga, tahapan ketiga adalah evaluasi dari seluruh kegiatan wirausaha yang telah dilakukan. Evaluasi bertujuan untuk mengetahui kekurangan dan melakukan perencanaan perbaikan, agar wirausaha dapat berkembang menjadi lebih baik. Proses evaluasi dapat menggunakan metode analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunities, dan Treats), yaitu dengan cara menguraikan kekuatan (Strenght), kelemahan (Weakness), peluang (Opportunities), dan ancaman dari luar (Treats) dari produk kerajinan yang telah dibuat, proses produksi, proses pemasaran dan distribusi, serta pasar sasaran. Seorang wirausaha harus mampu memaksimalkan kekuatan dan peluang dan mampu meminimalkan kelemahan dan ancaman.



















































0 Comments:

Posting Komentar