Rabu, 12 Juli 2017

PENENTUAN MEDIA PROMOSI MAKANAN KHAS DAERAH

Pemasaran

Pemasaran merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk mencapai tujuan usaha dalam rangka mendapatkan laba yang direncanakan.

Beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam menjalankan kegiatan pemasaran suatu produk antara lain:
  1. jenis produk
  2. persaingan produk
  3. kebutuhan pasar
  4. tujuan pemasaran
  5. hal lain yang berhubungan dengan produk itu sendiri, seperti: harga jual, kualitas, dan kemasannya
Perlu dilakukan strategi yang tepat untuk menunjang keberhasilan pemasaran produk.  Salah satu startegi pemasaran yang bisa digunakan  adalah 4P, yaitu Product (Produk), Price (Harga),  Place (Tempat) dan Promotion (Promosi).

Ada banyak  cara untuk  memasarkan  produk  makanan  khas daerah,  tentu disesuaikan  dengan kapasitas  produksi  yang  sudah  dibuat,  sehingga  kita bisa memperkirakan  jangkauan  pasar  yang  harus  ditembus.  

Memasarkan produk makanan khas daerah dapat menggunakan tahapan berikut ini:

  1. Perkenalan. Tahap pertama  dimulai dengan yang kecil, kenalkan produk  yang kita buat  kepada  teman-teman dekat,  teman  sekolah, tetangga di sekitar komplek, atau  teman  bermain.  Berilah sedikit tes produk  agar mereka bisa mencicipi produk buatan  anda supaya mereka tertarik membeli
  2. Pertemuan Rutin. Pertemuan  rutin  pada   area  paling  kecil,  misanya  RT/RW  dan/atau komplek perumahan bisa dijadikan media promosi makanan khas daerah yang efektif.  Jadi, bisa dilakukan ijin promosi pada pertemuan tersebut. Pertemuan rutin itu anatara  lain pertemuan PKK, dharma  wanita, dan arisan.
  3. Pameran/Bazar. Saat ini banyak sekali diselenggarakan pameran/bazar, baik oleh instansi/ departemen tertentu, maupun pihak swasta dan perorangan. Ajang ini dapat digunakan  untuk media promosi makanan khas daerah yang baik. Biaya yang dikeluarkan juga biasanya tidak terlalu besar, masih sangat terjangkau oleh Skala Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).
  4. Media Sosial. Keberadaan   media  sosial  saat  ini  sudah   begitu   menjamur,  dimana berbagai  kalangan sudah  sangat  familiar dengan facebook, twitter, instagram, dan  lainnya.   Hal ini tentu  bisa dimanfaatkan untuk  media promosi  yang  efektif dan  efesien.   Perbanyaklah  teman  dan  follower, untuk memperluas pemasaran.   Bisa juga dengan membuat blog gratis atau website yang berbayar dengan relatif terjangkau harganya.
  5. Penjualan Kreatif. Gunakan sistem penjualan  yang kreatif yang hanya sedikit orang menjalaninya. Sebagai contoh, bisa memanfaatkan munculnya fenomena “pasar kaget” di hampir setiap kota di Indonesia, juga saat ada momen “Car free day”, atau pada kesempatan lainnya.

0 Comments:

Posting Komentar