Minggu, 09 Juli 2017

SISTEM PENGOLAHAN MAKANAN KHAS DAERAH YANG DIMODIFIKASI

Produk Makanan Khas Daerah

Produk makanan khas daerah terdiri atas makanan dan minuman khas daerah.

Produk makanan dapat juga dikelompokan menjadi :

  1. makanan jadi adalah makanan yang dapat langsung disajikan dan dimakan. contohnya keripik balado dari daerah Sumatera Barat dan kuku macan dari Kalimantan Timur
  2. makanan setengah jadi adalah makanan yang membutuhkan proses untuk mematangkannya sebelum siap untuk disajikan dan dimakan. misalnya kerupuk udang Sidoarjo dan dendeng sapi Aceh

Menurut bahan bakunya, makanan khas daerah dikelompokkan

  1. makanan khas daerah yang berbahan nabati
  2. makanan khas daerah yang berbahan hewani

Makanan khas daerah yang dimodifikasi

Makanan khas daerah yang dimodifikasi adalah makanan atau minuman yang diproduksi di suatu daerah, yang merupakan identitas daerah tersebut, dan menjadi pembeda dengan daerah lainnya, kemudian dilakukan sentuhan inovasi pada produk tersebut, sehingga mempunyai mutu yang lebih baik.

Berbagai makanan khas daerah di Indonesia menjadi ciri khas daerah tersebut. Berwirausaha di bidang makanan khas daerah, dapat menjadi pilihan yang sangat tepat, karena kita lebih banyak mengenal produk makanan khas daerah kita daripada daerah lainnya.

Produk Makanan Hewani Khas Daerah

  1. Makanan khas daerah hewani adalah makanan khas daerah yang bahan baku utamanya berasal dari bahan hewani, seperti ayam, daging sapi, ikan, telur, dan sejenisnya. Beberapa contoh produk makanan khas daerah hewani yang ada di Indonesia misalnya telur asin, dadih, dan rendang. Ketiga produk ini sudah cukup dikenal di Indonesia, dan masih bisa terus dikembangkan, baik mutu produknya maupun kemasannya.
  2. Produk Makanan Nabati Khas Daerah. Makanan khas daerah  nabati adalah makanan khas daerah yang bahan baku utamanya berasal dari bahan nabati, seperti dari sayur-sayuran, buah-buahan, umbi-umbian, kacang-kacangan, dan sejenisnya. Produk  makanan nabati khas daerah jumlahnya sangat banyak di Indonesia, hampir di setiap daerah  mempunyai banyak makanan khas daerah yang berbahan baku nabati. Beberapa contoh produk makanan khas daerah hewani yang ada di Indonesia, misalnya asinan, fruit leather (kulit buah) dan mochi. Ketiga produk ini juga sudah cukup dikenal di Indonesia, tetapi inovasi terhadap produk ini masih bisa terus dilakukan, baik inovasi produk maupun kemasannya.


2 Comments:

Bisa dicantumkan KD baik pengetahuan maupun Ketrampilan 🙏😊

Posting Komentar