Senin, 04 September 2017

KONSEP RUANG DAN WAKTU DALAM SEJARAH

KONSEP RUANG DAN WAKTU

Sejarah adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari berbagai peristiwa atau kejadian penting dalam kehidupan umat manusia. Manusia dalam peristiwa sejarah menjadi unsur penting seperti layaknya pemeran utama dalam drama. Peran manusia sangat menentukan dalam suatu peristiwa. 

Peristiwa sejarah terjadi pada masa lampau, bukan masa kini apalagi apalagi masa yang akan datang. Waktu menjadi unsur dan konsep penting dalam sejarah, karena perjalanan hidup manusia tidak bisa lepas dari waktu.

a. Konsep Ruang
  1. Ruang adalah konsep yang paling melekat dengan waktu
  2. Ruang merupakan tempat terjadinya berbagai peristiwa-peristiwa sejarah dalam perjalanan waktu
  3. Penelaahan suatu peristiwa berdasarkan dimensi waktunya tidak dapat terlepaskan dari ruang waktu terjadinya peristiwa tersebut
  4. Jika waktu menitikberatkan pada aspek kapan peristiwa itu terjadi, maka konsep ruang menitikberatkan pada aspek tempat dimana peristiwa itu terjadi
b. Konsep Waktu
  1. Masa lampau itu sendiri merupakan sebuah masa yang sudah terlewati. Tetapi masa lampau bukan merupakan suatu masa yang final, berhenti dan tertutup.
  2. Masa lampau itu bersifat terbuka dan berkesinambungan. Sehingga dalam sejarah masa lampau manusia bukan demi masa masa lampau itu sendiri dan dilupakan saja, sebab sejarah itu berkesinambungan apa yang terjadi dimasa lampau dapat dijadikan gambaran bagi kita untuk bertindak dimasa sekarang dan untuk mencapai kehidupan yang lebih baik di masa mendatang.
  3. Sejarah dapat digunakan sebagai modal bertindak di masa kini dan menjadi acuan untuk perencanaan masa yang akan datang.
Sejarah terbentuk dari tiga unsur yang ketiganya tidak dapat terpisahkan antara satu dengan yang lain. Ketiga unsur tersebut adalah :
1. Manusia
    Unsur manusia memiliki peran penting dalam peristiwa sejarah. Manusia adalah pelaku/ aktor utama yang sangat menentukan suatu peristiwa sejarah. Sehingga mempelajari sejarah dapat diartikan juga kita mempelajari sejarah manusia. Sebagai aktor sejarah, manusia memiliki kemampuan berpikir yang merupakan cikal bakal munculnya ide kreatif. Ide kreatif inilah yang merupakan embrio terbentuknya kebudayaan.
2. Ruang
    Dalam sejarah, ruang merupakan unsur penting yang harus ada. Ruang atau tempat terjadinya peristiwa sejarah berkaitan dengan aspek geografis. Setiap komunitas yang tinggal di suatu tempat, akan memiliki pola pikir dan sistem budaya yang diperoleh dari leluhurnya. Sehingga kisah sejarah manusia merupakan proses interaksi dengan kehidupan sosial, budaya, politik, ekonomi pada ruang atau tempat tertentu.
3. Waktu
    Setiap manusia dan makhluk hidup lainnya hidup dalam waktu dan tidak dapat dilepaskan dari waktu. Mereka berkaitan erat dengan kehidupan masa lalu, masa kini dan masa depan.Mempelajari sejarah bukan hanya mempelajari sesuatu yang berhenti, melainkan sesuatu yang terus bergerak sejalan dengan perjalanan waktu. Setiap peristiwa sejarah berada dalam kurun waktu tertentu yang memiliki latar belakang waktu sebelumnya.

Dapat disimpulkan bahwa sejarah :
  1. Terkait dengan masa lampau, artinya pembelajaran sejarah adalah pembelajaran peristiwa masa lampau
  2. Bersifat kronologis, artinya dalam penyusunan pembelajaran sejarah harus berdasarkan urutan waktu peristiwa sejarah
  3. Memiliki 3 unsur yaitu manusia, ruang dan waktu
  4. Perspektif waktu, sekalipun sejarah erat kaitannya dengan masa lampau, namun masa lampau ini ditarik untuk melihat masa kini dan yang akan datang
  5. Ada prinsip sebab akibat, artinya dalam merangkai fakta atau peristiwa satu sama lainnya harus ada prinsip sebab akibat atau mengapa dan bagaimana peristiwa terjadi
  6. Menyangkut berbagai aspek kehidupan, artinya dalam merangkai fakta atau peristiwa satu sama lainnya harus ada pronsip sebab akibat atau mengapa dan bagaimana peristiwa terjadi
  7. Mengkaji amasa lampau sampai masa kini, artinya sejarah mengkaji masa lampau sampai masa kini, baik di Indonesia maupun di luar Indonesia

0 Comments:

Posting Komentar