Selasa, 06 Oktober 2020

Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Tema 3 Subtema 2 Kelas 4 ( KD 3.3 dan 4.3) Membuat Pertanyaan Menggunakan Kalimat Baku

Membuat Pertanyaan Menggunakan Kalimat Baku

Dalam melakukan wawancara, pewawancara sebaiknya menggunakan bahasa yang baik dan benar. Salah satu ciri bahasa yang baik dan benar adalah menggunakan kata baku. 

Kata baku merupakan kata yang cara pengucapan dan penulisannya sesuai dengan kaidah-kaidah standar. Kaidah yang dimaksud adalah Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia atau kamus umum. 

Sedangkan kata tidak baku merupakan kata yang cara pengucapan atau penulisannya tidak memenuhi kaidah-kaidah umum tersebut. Kata tidak baku ini biasanya  digunakan saat situasi santai, seperti saat berbicara dengan teman. 

Pada subtema 1, kalian sudah belajar membuat pertanyaan-pertanyaan sebagai persiapan wawancara. Apakah kalimat-kalimat tanya yang kalian susun sudah menggunakan kalimat baku?

Kalimat baku merupakan kalimat yang sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia, baik dari segi ejaan, struktur kalimat, dan pemilihan kata. Saat membuat kalimat, gunakanlah kata-kata baku. 

Contoh kalimat baku :

Di mana habitat burung cenderawasih?
Mengapa burung cenderawasih harus dilindungi?
Bagaimana cara menjaga kelestarian burung cenderawasih?
 
Dalam membuat pertanyaan gunakan kata :
Apa
Siapa
Bagaimana
Di mana
Kapan
Mengapa

0 Comments:

Posting Komentar