Selasa, 06 Oktober 2020

Muatan Pelajaran IPA Tema 3 Subtema 2 Kelas 4 ( KD 3.8 dan 4.8 ) Kupu - Kupu

A. Kupu - Kupu












Kupu-kupu termasuk dalam kelompok serangga. Kupu-kupu biasanya memiliki warna yang indah cemerlang. Kupu-kupu memiliki tubuh ramping, antena di kepalanya, enam kaki dan sayap yang berwarna-warni.  Kupu-kupu tidak berbahaya bagi manusia.

Peran kupu-kupu di alam sangat penting, yaitu membantu penyerbukan pada tanaman berbunga, sehingga keanekaragaman hayati dan keseimbangan ekosistem dapat dipertahankan. 

Daerah tropis menjadi habitat kupu-kupu. Kupu-kupu dapat ditemukan di dataran tinggi maupun dataran rendah. Indonesia memiliki banyak ragam kupu-kupu dibandingkan dengan negara lain. Hal ini disebabkan oleh penyebaran kupu-kupu dari Benua Australia dan Asia. 

Berikut jenis kupu-kupu yang ada di Indonesia 

1.Kupu-kupu Sayap Burung Peri, ditemukan di daerah Papua


 

 

 

 

2.Kupu-kupu Raja, ditemukan di daerah Jawa dan Sumatra


 

 

 

  

3.Kupu-kupu Trogon, ditemukan di daerah Kalimantan


 


 
 
 
B. Siklus Hidup Kupu-Kupu
Siklus hidup atau daur hidup kupu-kupu melalui empat fase, yaitu :
1. Fase telur
2. Fase larva
3. Fase pupa
4. Fase imago (dewasa)
 
Perhatikan siklus hidup kupu-kupu di bawah ini :

 







  • Daur hidup kupu-kupu bermula dari telur yang melekat di daun
  • Kemudian matang dan menetas setelah 5 sampai dengan 10 hari dan menjadi larva (ulat). 
  • Setelah 2 minggu, larva (ulat) membentuk pupa (kepompong) yang bergantung di ranting atau daun selama 2 sampai dengan 3 minggu. 
  • Setelah beberapa waktu, kupu-kupu dewasa (imago) akan keluar dari kepompong.
Karena keindahannya, kupu-kupu banyak diminati. Tidak sedikit penggemar kupu- kupu. Warnanya yang indah sangat menarik perhatian banyak orang. Oleh sebab itu, perburuan kupu-kupu sering terjadi. Permasalahan serius terjadi ketika perburuan kupu-kupu dilakukan untuk diperdagangkan kepada pihak tertentu. Jumlah kupu-kupu yang terancam punah akan terus meningkat jika tidak ada upaya pencegahan. Hal ini tentunya sangat merugikan bagi kelangsungan hidup kupu-kupu maupun makhluk lainnya.

C. Pelestarian Kupu-Kupu

Perlindungan terhadap kupu-kupu yang terancam punah terus diupayakan. Salah satunya dengan menetapkan habitatnya sebagai kawasan konservasi. 
Berikut upaya yang dilakukan untuk melindungi kupu-kupu dari kepunahan :
  1. Membuat  cagar alam, yaitu suatu wilayah yang di dalamnya terdapat tumbuhan atau hewan yang dilindungi. Cagar Alam Bantimurung merupakan tempat pelestarian kupu-kupu yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan.
  2. Menetapkan kupu-kupu sebagai satwa yang dilindungi pada perdagangan internasional berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian No.576/kpts/1980 dan No.716/kpts/1980 dimana terdapat 20 jenis kupu-kupu yang dilindungi
  3. Membuat penangkaran kupu-kupu. Penangkaran bertujuan untuk menjaga dan menyelamatkan kupu-kupu dari kepunahan, serta meningkatkan populasi kupu-kupu.

0 Comments:

Posting Komentar