Selasa, 13 Oktober 2020

Muatan Pelajaran PKn Tema 3 Subtema 2 (KD 3.2 dan 4.2) Pemanfaatan Hewan yang Mengarah pada Kepunahan

PEMANFAATAN HEWAN YANG MENGARAH PADA KEPUNAHAN


 

 
 
 
 
 
Hewan sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Hewan dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu :
  1. hewan peliharaan
  2. hewan liar

Contoh hewan peliharaan adalah ayam, kambing, sapi, kelinci, dan lain-lain. Hewan peliharaan dapat dimanfaatkan dagingnya, telurnya, susunya, bahkan tenaganya. Hewan peliharaan dapat dibudidayakan sehingga apabila kita membutuhkannya selalu tersedia.

Bagaimana dengan hewan yang hidup di alam bebas atau yang biasa disebut hewan liar? Karena keindahan hewan-hewan liar, banyak orang-orang yang menginginkan keindahannya. 

Berbagai jenis burung liar, seperti cendrawasih, kakatua, maleo, dan masih banyak lagi. Burung-burung tersebut ditangkap untuk dinikmati keindahannya. Ada juga burung yang dapat dilatih berbicara, seperti burung beo. 

Selain burung, masih banyak binatang lain yang diburu untuk dinikmati keindahannya, seperti, gajah diambil gadingnya, badak diambil culanya, harimau diambil kulitnya, dan masih banyak lagi.

Beberapa kegiatan manusia dalam memanfaatkan hewan dapat menganggu keseimbangan ekosistem. Banyak hewan dan tumbuhan yang hanya hidup di alam Indonesia. Akan tetapi, kekayaan alam tersebut makin berkurang. Hal itu di sebabkan pemanfaatan sumber daya alam yang tidak terkendali. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga kelestariannya.

Berikut hewan yang sering diburu manusia secara ilegal :

1. Harimau

Harimau diburu untuk diambil kulit, tulang, dan taringnya. Kulit harimau banyak dijadikan sebagai tas, jaket, dan hiasan rumah yang memiliki harga jual tinggi. Sementara itu, taring dan tulang harimau digunakan untuk bahan obat.

2. Gajah

Gajah banyak diburu untuk diambil gadingnya, karena gading gajah memiliki nilai jual yang tinggi. Gading gajah dapat dijadikan barang kerajinan tangan maupun dekorasi penghias rumah. Permintaan akan gading gajah yang terus meningkat akan mengancam keberadaan  gajah.

3. Cenderawasih dan Merak

Burung cenderawasih dan merak banyak diburu untuk diambil bulunya. Bulu burung cenderawasih dan merak biasanya digunakan sebagai hiasan topi. Burung cenderawasih termasuk kelompok hewan yang dilindungi karena keberadaannya sangat sedikit. Burung cenderawasih hanya dapat di jumpai di Papua.

Yuk, baca juga :

0 Comments:

Posting Komentar